Permasalahan Pada Kipas Angin bag. 2

Apa kabar sobat?
Ini adalah pengalaman ke sekian kalinya saya memperbaiki kipas angin. Jika pada postingan sebelumnya Permasalahan Pada Kipas Angin terjadi di bagian bushingnya, kali ini kerusakan terjadi pada kumparan dinamonya yang putus.

Kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena kipas dibiarkan bekerja nonstop atau tanpa henti. Sehingga kumparan menjadi panas dan lama-kelamaan menjadi rapuh dan putus. Sama halnya seperti gearbox kipas angin. Jika kipas terlalu sering dinyalakan nonstop, lama kelamaan gearbox akan rapuh dan keropos. Makanya banyak kita jumpai kipas yang masih bagus tapi tidak bisa putar kiri atau kanan.

Dinamo kipas angin merupakan komponen termahal pada kipas angin. Jika kumparan dinamo putus atau terbakar umumnya dililit ulang dengan spesifikasi kawat email dan jumlah lilitan tertentu. Namun kali ini saya mencari jalan praktis yaitu membeli dinamo kipas baru kemudian langsung memasangnya.

Dinamo kipas angin sekarang banyak dijual di pasaran sesuai dengan jenis kipas yang kita inginkan. Kipas angin yang saya servis adalah jenis wallfan 16 inchi merek Okayama dan memiliki 3 level kecepatan.

Dinamo untuk kipas jenis ini biasanya compatible untuk kipas merek lain asalkan spesifikasinya sama. Dinamo ini merupakan standard untuk kipas berukuran 16 inchi dengan 3 level speed. Ada 4 kabel yang terhubung dengan dinamo yaitu kabel hitam untuk netral, merah untuk fast speed, putih untuk medium dan biru untuk low speed. Dengan demikian kita tinggal menyolder ujung keempat kabel tersebut pada tiap kali selektor switch kipas. Simpel kan sob...???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ